Yang Harus Anda Lakukan Bila Si Kecil Kecanduan Nonton TV

Yang Harus Anda Lakukan Bila Si Kecil Kecanduan Nonton TV

Beberapa waktu lalu dilaporkan ada anak yang terjun dari apartemen karena ngambek dilarang ibunya nonton TV. Ia kemudian berpikir meniru pahlawan favoritnya, Spiderman dan terjun ke bawah.

Kejadian seperti ini tidak hanya sekali dua kali saja. Sekian banyak orang tua harus kewalahan menghadapi anak-anak yang kecanduan menonton TV. Melarang mereka juga tidak efektif karena mereka terlanjur ketagihan dan menghabiskan banyak waktu hanya di depan televisi.

Anda bisa membayangkan bagaimana anak Anda nanti ketika semua kegiatan penting diabaikan hanya dengan nonton TV kan? Prestasi akademis, tugas-tugas rumah, dan lain sebagainya tentu akan kacau.

Dilansir Boldsky.com, Anda bisa mengatasi kecanduan anak nonton televisi dengan cara-cara berikut.

Buat planning

Jangan meneriaki atau memarahi anak yang sedang asyik non TV. Buat jadwal untuk mereka, mana program yang boleh ditonton dan berapa lama boleh menonton TV. Cara ini cukup praktis karena anak jadi bisa membatasi diri dan masih bisa melakukan berbagai kegiatan lain.

Ajak bermain di luar

Jangan biarkan ia hanya terpaku pada kegiatan di dalam rumah saja. Ajak mereka melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan di luar rumah, misalnya bermain bola, berenang, dan lain sebagainya. Selain meningkatkan kemampuan fisik, mereka juga menjadi lebih cerdas karena tidak tergantung pada hiburan televisi saja.

Cari tahu minatnya

Sebenarnya anak-anak menonton televisi karena bosan dengan kegiatan mereka dan membutuhkan hiburan. Bila Anda hanya mengisi dengan tugas-tugas saja, ia akan semakin stres. Cari tahu minat anak dan bantu ia mengembangkan minatnya melalui kegiatan-kegiatan atau hobby positif.

TV berlangganan

Mencerdaskan anak lewat informasi yang diperolehnya adalah tugas orang tua di rumah. Untuk itu, pilih saja saluran televisi berlangganan di mana Anda bisa memilih chanel mana yang memang patut ditonton anak dan memberikan informasi yang penting. Tips Keluarga.

Share