6 Tips Belanja Hemat Dan Efektif Untuk Ibu Rumah Tangga

6 Tips Belanja Hemat Dan Efektif Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga harus benar-benar cerdas mengatur keuangan keluarga. Tapi yang namanya ibu-ibu, kalau lihat barang diskonan pasti langsung kalap. Gawat juga kalau barang-barang diskon Anda beli. Bisa saja budget belanja Anda membengkak nih. Tenang jangan khawatir, saya punya trik khusus supaya Anda lebih hemat dan efektif saat berbelanja.

  1. Buatlah list barang apa saja yang harus Anda beli. Letakkan daftar barang yang paling primer (paling Anda butuhkan) hingga kebutuhan sekunder di paling bawah.
  2. Kalau Anda sudah memiliki anak, utamakan kebutuhan anak Anda terlebih dahulu. Terlebih susu dan popok bayi kalau buah hati Anda masih kecil.
  3. Bandingkan dulu komposisi, kualitas, dan kuantitas barang sebelum Anda beli. Tidak perlu malu untuk menghabiskan beberapa detik di rak untuk membandingkan.
  4. Jangan mudah tergiur barang-barang diskon. Hitunglah keuangan Anda dengan teliti dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kalau Anda masih punya stok barang tersebut di rumah, dan harga barang tersebut sangat miring, tempatkan barang tersebut di list belanja paling akhir. Kalau memang Anda memiliki budget lebih, ya ambil saja barang tersebut.
  5. Pilihlah mana barang yang yang bisa dibeli secara grosir atau eceran. Pilihlah sesuai usia pemakaian barang. Dengan begini Anda tidak perlu membeli barang kebutuhan dalam jumlah besar namun ternyata mubazir karena tak terpakai.
  6. Selalu bawa catatan dan bolpen di samping Anda, dengan begini Anda bisa memberi harga pada setiap barang yang Anda beli. Cara ini bisa digunakan untuk menghindari kecurangan toko dan Anda pun dapat memperkirakan budget yang harus Anda keluarkan.

Demikianlah artikel tentang 6 Tips Belanja Hemat dan Efektif Untuk Ibu Rumah Tangga yang di rangkum dalam Tips Keluarga. Semoga informasi ini dan tips ini bermanfaat bagi anda para ibu rumah tangga. Selamat Mencoba.

Share