gaya hidup sehat, Informasi

Sinar Matahari Bantu Atasi Alzheimer dan Cegah Sklerosis

 

 

Penelitian klinis telah menunjukkan bahwa manfaat sinar matahari atau paparan cahaya spektrum penuh sepanjang hari ditambah dengan kegelapan di malam hari dapat membantu memperbaiki beberapa aspek dari penyakit Alzheimer. Metode tersebut mampu mengurangi agitasi, meningkatkan efisiensi tidur, penurunan kemungkinan dan terjaga dan terbangunnya penderita Alzheimer di malam hari, dan penurunan aktivitas malam hari pada pasien ini.

Selain manfaatnya untuk membantu mengobati Alzheimer, paparan sinar matahari juga bermanfaat untuk mengobati multiple sclerosis atau disingkat dengan MS. MS lebih sering terjadi pada populasi yang hidup jauh dari garis khatulistiwa. Orang-orang yang pindah dari area berisiko rendah ke daerah berisiko tinggi sebelum usia 15 memperoleh risiko lebih tinggi terkena MS, sedangkan mereka yang melakukan langkah yang sama setelah masa remaja memiliki risiko yang lebih rendah. Pengamatan ini menunjukkan bahwa paparan lingkungan, dan khususnya, paparan sinar matahari pagi (yang berkorelasi dengan tingkat vitamin D) dalam dua dekade pertama kehidupan, mempengaruhi risiko seseorang terkena MS. Terkait dengan temuan ini, beberapa penelitian penduduk Eropa mengamati bahwa ada risiko yang lebih rendah dari MS untuk kelahiran yang terjadi setelah Oktober dan risiko lebih tinggi untuk MS untuk kelahiran yang terjadi setelah Mei. Lagi-lagi, hal ini menunjukkan bahwa tingkat vitamin D ibu selama trisemester ketiga kehamilan dapat mempengaruhi risiko MS.

Maka dari itu, mengetahui betapa banyak manfaat sinar matahari dalam mencegah penyakit dalam tubuh, bukan alasan lagi untuk tidak bangun pagi dan sejenak berjemur di bawah paparan matahari.

Be the First to comment.

Leave a Reply