Tips Berkomunikasi Dengan Anak Hiperaktif

Tips Berkomunikasi Dengan Anak Hiperaktif

Anak-anak ADHD atau hiperaktif mengalami kesulitan memusatkan perhatian karena selalu bergerak tidak pernah diam. Kebanyakan orang tua dan guru mengeluh kesulitan untuk menarik perhatian anak-anak ini. Berikut strategi Berkomunikasi Dengan Anak Hiperaktif yang digunakan untuk meningkatkan fokus perhatian mereka:

1. Semakin sedikit Anda bicara, semakin banyak anak ADHD mendengar. Jika Anda memberi cerita yang panjang mereka akan melupakan apa yang sudah Anda katakan. Jadi, mulailah menyingkat kalimat yang akan Anda sampaikan karena besar kemungkinan mereka akan mendengarkan dan mengingat.

2. Curi perhatian anak sebelum Anda berbicara. Panggil namanya dan tunggu apa reaksinya. Pastikan anak melihat mata Anda biar mendengarkan apa yang Anda katakan.

3. Alihkan apa yang menjadi perhatian anak. Jangan mencoba bersaing dengan suara televisi, video game, atau berteriak memberikan instruksi saat anak sibuk. Tunggu sampai anak selesai menonton, matikan televisi, dan meminta mereka datang ke Anda sebelum mulai berbicara.

4. Anak-anak ADHD tidak bisa mengingat sejumlah instruksi dan menjalani semuanya. Biasanya jika Anda memberikan terlalu banyak, permintaan itu tidak akan selesai dikerjakan

5. Minta mereka mengulang kembali apa yang sudah Anda Anda katakan. Tentu saja jangan berharap mereka langsung mengerti apa yang Anda sampaikan.

Demikian informasi dan Tips Keluarga anda bagaimana berkomunikasi dengan anak yang hiperaktif. Semoga bermanfaat bagi anda selaku orang tua.

Share