10 Aturan Sebelum Memberi Anak Telepon Selular

10 Aturan Sebelum Memberi Anak Telepon Selular

Saat anak berusia berapa Anda memberikannya sebuah telepon selular (ponsel)? Lima, 12, atau 17 tahun? Jika kita perhatikan, anak-anak biasanya mendapatkan ponsel dari orang tuanya jauh lebih awal dari seharusnya.

Jika Anda juga melakukan hal yang sama, ada baiknya Anda menetapkan aturan yang jelas sebelum memberikannya perangkat mobile untuk mereka.

Jeannetta Kaplun , seorang ibu yang juga bekerja sebagai penulis, blogger, presenter TV asal Spanyol, mengatakan di Babble.com, memberikan anak sebuah ponsel di usianya yang sangat dini tidaklah masalah. Asal, orangtua mampu mengendalikan bagaimana anak-anak menggunakan ponselnya. Kaplun mengizinkan putri bungsunya memiliki ponsel. “Ia ikut banyak sekali ekstrakurikuler. Dan sudah menjadi keharusan sehingga bagi saya untuk selalu melacak keberadaannya. Ponsel juga berguna agar ia bisa menghubungi saya jika sedang berada dalam keadaan darurat,” jelas ibu dua anak itu. Sebuah ponsel yang sudah terkoneksi internet, memiliki daya jelajah yang tak terbatas. Ada begitu banyak aplikasi game dan jaringan sosial yang bisa anak unduh dan ikuti. Dan sebagian anak berani mengemis kepada orangtuanya agar bisa memiliki handphone demi kebutuhan itu. “Karena usianya baru 8 tahun, saya juga merasa khawatir, apakah saya bisa membatasinyamengakses aplikasi internet yang diinginkannya dan apakah ia benar-benar ‘membuang’ waktunya bergumul dengan aplikasi itu.” Sangatlah penting bagi orangtua untuk membatasi penggunaan ponsel pada anak. Bukan berarti ponsel itu milik anak, lantas anak bisa semena-mena menggunakannya. Anda harus mengontrol berapa lama waktu anak berada di depan layar ponsel setiap harinya. Selain itu, situs-situs apa saja yang bisa anak kunjungi. Usahakan selalu melakukan pengecekan history ponsel.

Tidak hanya menetapkan aturan, jelaskan kepada anak juga mengenai konsekuensi penggunaan ponsel yang tidak bijak. Misalnya, anak bisa kehilangan konsentrasi belajar jika terlalu sibuk dengan ponselnya. Atau, jika anak tidak mengikuti aturan yang Anda tetapkan, Anda berhak untuk mengambil ponselnya kembali.

Berikut 10 aturan yang Anda harus pertimbangkan sebelum memberikan ponsel untuk anak Anda:

  1. Membagi password dengan orang tua.
  2. Tidak menggunakan ponsel di sekolah.
  3. Tidak menggunakan ponsel di jam makan malam.
  4. Bermain aplikasi ponsel setelah pekerjaan rumah dan tugas-tugas yang dilakukan.
  5. Tidak men-download aplikasi tanpa izin orang tua.
  6. Tidak berbagi informasi pribadi.
  7. Jangan mengambil gambar yang membuat Anda malu dan menunjukkannya pada orang tua atau guru.
  8. Jangan menggunakan ponsel untuk menggoda atau melakukan hal senonoh.
  9. Matikan telepon di malam hari.
  10. Membalas SMS dan bertelepon dengan bijak.

Berikut 10 aturan sebelum memberi anak telepon selular, semoga bermanfaat bagi anda sebagai orang tua yang sedang ingin memberi anaknya telepon selular. Tips Keluarga.

Share