Ketika Harus Tinggal Berjauhan dengan Anak

Ketika Harus Tinggal Berjauhan dengan Anak

Apa yang harus dilakukan ketika seorang ibu harus tinggal berjauhan dari anak-anaknya? Menurut Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si. , Psikolog Anak dan Keluarga, jika ibu tinggal berjauhan dari keluarga,sebisa mungkin ibu mengatur jadwal bertemu secara fisik dengan anggota keluarga.

Tujuannya, lanjut wanita yang akrab dipanggil Nina ini, untuk memenuhi kebutuhan akan pelukan dan sentuhan yang tidak dapat tergantikan. “Untuk meminimalisir kerenggangan emosional, anak wajib diberikan pengertian bahwa jarak yang memisahkan anak dan ibu adalah demi kebaikan masa depan keluarga.”

Hal ini diakui Eni, ibu dua anak, yang kebetulan harus sekolah di Jakarta sementara suami dan anak-anak tinggal diBengkulu.

“Sebagai dosen, saya dituntut mencari ilmu lebih tinggi. Sebenarnya sudah beberapa kali saya ditawarkan, tapi baru tahun lalu bisa dilakukan,”ungkap Eni saat acara jumpa pers bersama SariWangi dengan tema Hargai Waktu Bersama Keluarga.

Eni tak mau menyia-nyiakan setiap kesempatan yang ada dengan melakukan komunikasi bersama dua buah hatinya.“Caranya dengan menelepon dan melakukan video call seminggu tiga kali. Setiapkali melakukan obrolan jangan dengan tema yang sama, seperti sudah makan,mandi, atau obrolan standar lainnya. Carilah bahan obrolan yang berbeda.”

Misalnya, ketika putri sulungnya memiliki teman baru di sekolah, Eni akan menanyakan hal tersebut pada putrinya.“Ternyata bahan obrolan yang dibahas pun banyak, mulai dari permainan baru apa yang mereka lakukan di sekolah, hobi mereka, dan banyak lagi,” papar Eni yang bertekad lulus tepat waktu tahun ini.

Bagaimana dengan Anda? Cara Eni tersebut bisa dijadikan salah satu contoh bagaimana Anda melakukan komunikasi dengan kelurga Anda bukan?  Apalagi jika kebetulan Anda tinggal berjauhan dengan keluarga. Tips Keluarga.

Share